Menu Horizontal

 


Referensi :
Knowledge :
Download :
SKP KEPALA SEKOLAH
(H. M. Purwono, S. Pd )

1. KAB. BANGGAI (100.0 %)
2. KAB. KUNINGAN (100.0 %)
3. KAB. JOMBANG (100.0 %)
4. KAB. SUBANG (100.0 %)
5. KAB. KARAWANG (100.0 %)

Anda Pengunjung ke :

Kolom Iklan :
hub. admin@mebermutu.org

 

»Tentang BERMUTU
Pengantar Kepala Badan SDMP dan PMP
Sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PSDMP & PMP) saya menyambut dengan senang hati untuk meneruskan upaya peningkatan kualifikasi dan penerapan sertifikasi guru sesuai Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pemerintah Indonesia beserta Pemerintah Belanda dan Bank Dunia yang telah menyepakati untuk bekerjasama dalam penyelenggaraan program BERMUTU atau Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading perlu diapresiasi. BERMUTU merupakan program komprehensif yang dirancang khusus untuk mendukung implementasi UU 14/2005 karena mencakup seluruh aspek upaya peningkatan profesionalisme guru dari hulu sampai ke hilir. Ini tercermin dari isi dan keterpaduan ke-empat komponen program. Sekarang, Program ini difokuskan pada upaya peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru pada 75 kabupaten/kota, melibatkan 9 satuan kerja pusat, 4 P4TK dan 16 LPMP. Akan jauh lebih bermakna, apabila dilakukan saling berbagi informasi dan pengalaman dengan kabupaten/kota lainnya, sehingga tercapai best pratice dalam peningkatan kompetensi dan kinerja guru yang dapat dicontoh oleh daerah dengan penyesuaian dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Saya pribadi menyambut gembira adanya Website MEBERMUTU sebagai sarana komunikasi untuk saling berbagi informasi, baik antar satuan kerja pengelola maupun dengan peserta Program BERMUTU. Melalui Website MEBERMUTU yang sudah link dengan Pustekom, Universitas Terbuka, Satuan Kerja Pusat, P4TK dan LPMP, diharapkan akan lebih berdayaguna dan memudahkan guru di daerah terpencil untuk dapat mengakses informasi yang berkaitan dengan pengembangan profesionalisme berkelanjutan. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi website tersebut yang memadai, jangan sampai peserta Program BERMUTU yang berada di daerah “remote” tidak tahu bahwa telah tersedia sarana komunikasi, yang dapat digunakan mengakses materi peningkatan kompetensi guru di Website “Guru Pintar Online” yang dikembangkan Universitas Terbuka. Berbagai keberhasilan dan pencapaian tujuan program di kelompok kerja per kabupaten/kota mitra BERMUTU dapat diakses atau didesiminasikan ke daerah lainya, yang diharapkan terjadi bench marking untuk mendapatkan best practice peningkatan kompetensi guru melalui pemberdayaan kelompok kerja.

Agar semakin banyak guru di Indonesia yang mampu mengakses informasi melalui internet perlu dukungan dan kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota. Pemerintah daerah diharapkan mendukung Program BERMUTU dengan membantu menyediakan sarana dan prasarana di bidang teknologi informasi, dengan dukungan tersebut diharapkan akan mempercepat peningkatan jumlah guru yang melek teknologi informasi. Kondisi tempat bertugas para guru di daerah dan jumlah lembaga pendidikan dan pelatihan guru yang tidak memadai, membuat kita berharap banyak dengan kehadiran sarana peningkatan kompetensi guru melalui sistem jarak jauh. Oleh sebab itu, saya mengharapkan semua peserta dan pengelola Program BERMUTU secara optimal memanfaatkan website MEBERMUTU ini. Mengingat bahwa Program BERMUTU sudah berada di akhir program, maka sebaiknya website MEBERMUTU dipertahankan untuk membangkan komunikasi dalam bidang peningkatan kompetensi dan kinerja guru berbasis kelompok kerja. Untuk itu, jangan lupa untuk merawat, mempertahankan dan meng-update sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
Selamat berinteraksi dengan Website MEBERMUTU! Semoga perangkat yang sederhana ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Negeri ini!



Prof. Dr. Syawal Gultom

[ Kembali ]